Melawat ke Kroasia, Ridho Perkenalkan Seni dan Budaya Lampung

181

wawainews.id, Kroasia-Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo, melakukan lawatan kerja ke Kota Zagreb, Negara Kroasia. Kunjungan tersebut dalam rangka mengikuti pameran Internasional ‘Place 2Go International Tourism Fair’ selama tiga hari sejak (15-17/3/2019).

Gubernur Ridho, di Kroasia didampingi Plt Sekdaprov Lampung Hamartoni Ahadis, Kadisdikbud Sulpakar, Kadis Cipta Karya Ali Subaidi, Sekretaris Disdikbud Aswarodi, dan Staf Kedubes RI Wasana, diterima langsung oleh State Secretary of Education Kroasia Tome Anticic PhD dan Duta Besar Indonesia untuk negara tersebut Sjacroedin ZP.

Selain promosikan pendidikan, kebudayaan Lampung, akan memperkenalkan kesenian daerah diajang kegiatan Lampung Day yang dilaksanakan pada 15/3/19 di Kota Zagreb dan 28/3/19 di Kota Rijeks Kroasia.

Dubes RI untuk Kroasia, Sjacroedin ZP, dalam sambutannya memaparkan berbagai upaya yang dilakukan dalam mempromosikan Lampung di Negara Krosia. Disebutkan salah satu promosi yang dilaksanakan dengan mewajibkan seluruh pejabat dan staf KBRI menggunakan Batik khas Lampung.

“Selama saya menjabat sebagai Dubes RI di Kroasia semua staf dan petugas KBRI sudah diperintahkan memakai batik khas Lampung,”ujarnya, Sabtu (16/3/2019).

Hal lain sambungnya, menjalin Kerjasama dengan perguruan tinggi di pulau Jawa, untuk bekerjasama bidang pendidikan, bahkan sambungnya perkembangan terbaru University of Zagreb bekerjasama dengan Univesitas Lampung ucapnya.

Gubernur Lampung Ridho Ficardo, dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa capaian yang dilakukan selama menjabat sebagai Gubernur di bumi Lampung. Disebutkannya, capaian meliputi peningkatan jumlah kunjungan wisata sekira 30% dalam 4 tahun terakhir, keberadaan Bandara Raden Inten, menjadi Bandara bertaraf Internasional, Jalan Tol hingga dermaga eksekutif Bakauheni.

Dalam promosi pendidikan, budaya dan kesenian Lampung tersebut, Gubernur bersama Dubes RI Untuk Negara Kroasia Sjahrudin ZP secara resmi membuka booth Indonesia dalam acara pameran Place 2Go. Saat pembukaan diiringi suguhan tarian tradisional Lampung. Booth pameran Indonesia yang penuh dengan nuansa budaya Lampung bersanding dengan negara-negara lain baik di kawasan Asia maupun Eropa. Agenda pameran tersebut merupakan agenda tahunan yang cukup besar  di wilayah Eropa Timur.

Acara Lampung Day menyajikan pagelaran budaya Lampung dihadapan ratusan pengunjung pusat alun-alun kota Zagreb. Beberapa pentas seni yang ditampilkan pada acara tersebut seperti lagu-lagu khas Lampung, tari bedana, tari lalang wayang. Kegiata ini disaksikan langsung oleh Dubes Sjahrudin ZP bersama Ibu Truly Sjahrudin dan Gubernur Lampung Rido Ficardo beserta ibu Yustin Ficardo da seluruh rombongan. (Deffy)