Status PNS Masih Favorit, Apa Saja Keuntungannya

220 views
Apel Perdana, Wali Kota Bekasi Sebut Puluhan ASN Dinas Luar Atas Suruhan "Jin"(ist)

wawainews.ID, Jakarta – Seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka pada Oktober 2019. Tentunya, sangat banyak masyarakat yang berminat untuk mendaftar untuk menjadi abdi negara.

Sebenarnya, apa saja keuntungan atau daya tarik dari salah satu profesi yang paling diminati ini? Psikolog Universitas Indonesia, Rose Mini Agoes Salim, sebagaimana di lamsir Tempo, mengatakan keuntungan pertama yang didapat oleh seorang pegawai negeri sipil (PNS) adalah dalam hal masa kerja.

Menurutnya, PNS mendapatkan keuntungan untuk tidak mudah dipecat.“Instansi pemerintah tidak rentan bangkrut. Sehingga risiko kena PHK atau perampingan pegawai itu sangat minim,” katanya Kamis, 19 September 2019.

Selanjutnya, wanita yang akrab disapa Romi ini juga menyebutkan keuntungan lain berupa kesempatan untuk melanjutkan pendidikan secara gratis. Bahkan, para PNS bisa dengan mudah melanjutkan kuliah ke luar negeri.

“Untuk mempersiapkan pegawai pemerintah yang berwawasan luas, biasanya akan dibiayai pendidikan ke luar. Ini bagus untuk menambah ilmu, relasi dan kesempatan beradaptasi di negara orang,” katanya.

Memiliki tunjangan yang besar juga menjadi keuntungan lain dari PNS. Romi mengatakan bahwa meskipun gaji PNS tidak terlalu besar, namun tunjangan untuk istri dan anak, tunjangan kerja hingga uang makan pun diberikan setiap bulan.

“Pensiun juga terus diberi. Jadi tidak perlu khawatir di masa tua,” katanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here