Agustus, KPU Lamtim Mulai Buka Tahapan Pendaftaran Calon Kada

oleh -218 views
Ilustrasi Pilkada serentak 2020

LAMTIM – Pemerintah bersama Komisi II DPR dan KPU, telah menyepakati pelaksanaan Pilkada serentak tetap digelar Desember 2020. Kesepakatan tersebut diambil dalam rapat kerja virtual antara Komisi II DPR bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Ketua KPU Arief Budiman, Rabu kemarin, (27/5/2020).

Menanggapi keputusan tersebut KPU Kabupaten Lampung Timur,  mulai membahas tahapan-tahapan baru terkait pelaksanaan Pemilihan  Kepala Daerah (Kada) dengan memastikan tahapan pembukaan pendaftaran dimulai Agustus 2020 mendatang.

“Tanggal pasti pendaftaran hari ini masih kami rapatkan. Pastinya  Agustus ini, sudah dibuka pendaftaran pasangan calon Kepala Derah,” kata Wasiat Jarwo, Ketua KPU Lamtim, melalui pesannya, Kamis (28/5/2020).

Dikatakan untuk tahapan awal akan mengaktifkan dulu petugas pemilihan kecamatan (PPK), PPS. Karena petugas tersebut sebelumnya di non aktifkan akibat wabah Corona.

Menurut dia, penetapan calon akan dijadwalkan pada September, dan jadwal kampanye akan berlangsung akhir September hingga 5 Desember 2020.

Sebelumnya, Ketua KPU RI, Arief Budiman mengeluhkan minimnya anggaran. Sebab, di tengah wabah corona, KPU mau tidak mau harus menambah anggaran karena ada penyesuaian protokol kesehatan.

“Terkait dengan anggaran kami komisi II DPR tentu akan mendukung apa yang menjadi kekurangan teman-teman penyelenggara untuk memenuhi pelaksanaan pilkada berdasarkan protokol COVID-19 bersama pemerintah,” tutupnya.

Berikut lampiran kesimpulan rapat yang juga dihadiri Ketua Bawaslu Abhan, dan Ketua DKPP Muhammad.

1. Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh KPU RI, langkah-langkah kebijakan dan situasi pengendalian yang disampaikan oleh pemerintah, termasuk saran, usulan, dan dukungan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 melalui surat Ketua Gugus Tugas nomor B-196/KAGUGAS/PD.01.02/05/2020 Tanggal 27 Mei 2020, maka Komisi II bersama Menteri Dalam Negeri RI dan KPU RI setuju pemungutan suara serentak dilaksanakan pada 9 Desember 2020, sesuai dengan Perppu Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang.

2. Komisi II DPR RI menyetujui usulan perubahan rancangan PKPU RI tentang Perubahan Ketiga atas PKPU nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 yang tahapan lanjutannya dimulai pada 15 Juni 2020, dengan syarat bahwa seluruh tahapan pilkada harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, berkoordinasi dengan gugus tugas COVID-19, serta tetap berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi.

3. Komisi II DPR meminta kepada KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP RI untuk mengajukan usulan tambahan anggaran terkait pilkada di provinsi, kabupaten, dan kota secara lebih rinci untuk selanjutnya dapat dibahas oleh pemerintah dan DPR RI. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *