14.497 Vaksin Covid-19 Didistribusikan pada Tiga Daerah

105 views
Ilustrasi wabah Corona atau Covid-19

LAMPUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mendistribusikan 14.497 vaksin Sinovac Covid-19 untuk Kota Bandar Lampung, Lampung Selatan, dan Kota Metro.

Rencananya vaksin ini digunakan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan 10 pejabat di Kabupaten/Kota yang akan mulai dilakukan vaksinasi pada Jumat, 15 Januari 2021.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana, mengatakan, sesuai instruksi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bahwa nomor penerbitan izin edar darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Covid-19 sudah dikeluarkan dan vaksin sudah bisa di distribusikan.

Namun sesuai instruksi pusat, vaksin tersebut belum bisa didistribusikan ke semua kabupaten/kota di Lampung.

“Kemenkes menginstruksikan tahap awal didistribusikan ke Bandar Lampung sebanyak 9.624 vaksin, Lampung Selatan 2.587 vaksin, dan Metro 2.286 vaksin,” kata Reihana di sela pendistribusian vaksin di Gudang Vaksin Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Jalan Doktor Susilo Bandar Lampung.

Setelah tiga kabupaten/kota ini, maka pendistribusian ke 12 kabupaten/kota lainnya akan diinformasikan lebih lanjut oleh Kemenkes. Reihina mengatakan, ada penanganan khusus terkait vaksin. Setelah disuntikkan kepada relawan untuk pertama kali, maka dua minggu kemudian akan disuntikan kembali.

“Kabupaten/kota ini harus menyiapkan ruang pendingin atau coolroom agar suhunya terjaga di 2-8 derajat celcius. Kemudian juga menyiapkan klinik atau Puskes untuk melaksanakan vaksinasi,” kata Reihina.(LP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here