SMK di Lampung Diminta Bangkit dan Berjaya

56 views
Arinal Djunaidi Gubernur Lampung

LAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengingatkan peran kepala sekolah sangat vital, dominan dan strategis dalam peningkatan kinerja sekolah. Lulusan SMK dituntut untuk kreatif dan inovatif guna terus menghasilkan karya yang bisa dirasakan masyarakat.

Lulusan SMK di Lampung ada 56% diterima di lapangan pekerjaan, 14% membuka lapangan pekerjaan, 12% melanjutkan kuliah dan sisanya di bidang lain.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat kunjungan kerjanya di SMK Negeri 3 Metro dan Pengarahan kepada MKKS SMK/SMA se Provinsi Lampung di SMK Negeri 2 Kota Metro, Rabu, 13 Januari 2020.

“SMK harus bangkit dan unggul. Kunjungan kerja saya ingin melihat seperti apa keadaan SMK. Kemudian yang diberikan bantuan, maka akan diperjuangkan lagi ke depan. Lalu guru-guru terus bersinergi dan yang diinginkan guru akan diperjuangkan lagi,” kata Arinal Djunaidi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar mengatakan kunjungan kerja ini untuk meninjau bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan khususnya SMK di Lampung.

Di Lampung ada 10 SMK yang mendapatkan bantuan untuk menjadi Center of Excellence (CEO). Dari 10 sekolah tersebut di Kota Metro ada 2 sekolah yang mendapatkannya yakni SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3.

“Bantuan untuk 10 sekolah di Lampung sebesar Rp17,5 miliar yang dikelola langsung sekolah. Sehingga kami yakin betul mutu dan kualitasnya bisa terjamin,” kata Sulpakar.

Arinal terlebih dahulu meninjau hasil karya siswa SMK N 2 Metro berupa karya teknik perikanan, agribisnis ternak unggas (farm broiler), farm pembibitan ayam, agribisnis tanaman pangan dan hortikultura. Kemudian mengecek laboratorium pembuatan makanan nabati, dan laboeatorium Kompetensi keahlian kimia industri (KI).

Selain memberikan pengarahan di SMKN 2 Metro, Gubernur Arinal Djunaidi beserta rombongan juga meninjau lokasi Center Of Excellence Teknik Pemesinan di SMK Negeri 3 Metro.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal memperhatikan seksama bantuan dari Kementerian Pendidikan yang ada di Center Of Excellence SMK Negeri 3 Metro, di antaranya 3 CNC Milling, CNC Turning, 3 Surface Grinding.

Tak hanya itu, Gubernur Arinal juga melihat berbagai macam karya khas siswa SMK Negeri 3 Metro di antaranya tempat cuci tangan, pakaian APD, absensi RFID, Smart home, drone, dan rak server alat praktek jaringan, serta berbagai macam karya lainnya. (Adpim)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here