Memprihatinkan, Covid-19 di Lamtim Tembus Angka 442 Kasus

296 views
Tim Satgas Covid-19 saat melakukan evakuasi konfirmasi Covid-19 di wilayah Sekampung Udik, beberapa waktu lalu - foto dok ist

LAMTIM – Sejak ditetapkan zona merah angka penyebar Covid-19 pada 24 kecamatan di wilayah di  Lampung Timur kian memprihatinkan, setiap hari terus bertambah kasus baru.

Hingga 20 Januari 2021, total terkonfirmasi tembus 442 orang. Sebelumnya hanya 381 kasus. Angka kematian pun meningkat selama Januari terjadi 9 kasus kematian hingga total angka kematian konfirmasi Covid-19 mencapai 20 orang.

Saat ini, Dinas Kesehatan Lampung Timur kembali menutup sementara pelayanan 2 Puskesmas, Rabu (20/1). Kepala Dinas Kesebatan Lamtim dr.Namang Salman Saleh menjelaskan, layanan kesehatan yang ditutup adalah Puskesmas Margatiga dan Donomulyo Kecamatan Bumiagung.

“Penutupan sementara dua Puskesmas tersebut ada tenaga kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi covid-10,” jelas dr.Nanang dilansir dari Radar Lampung.

Dilanjutkan, hingga saat ini total nakes yang terkonfirmasi covid-19 ada 14. Rinciannya, masing-masing dua di kecamatan Sekampung, Batanghari, Mataram Baru dan Sukadana. Kemudian, masing-masing 1 Pugung Raharjo, Way Jepara, Raman Utara dan Sukadana.

Selanjutnya, masing-masing satu orang di Puskesmas Margatiga dan Donomulyo Bumiagung.

Sebelumnya Dinkes juga telah menutup sementara 4 Puskesmas. Yaitu, Puskesmas Sekampung, Wayjepara, Pugungrajarjo Kecamatan Sekampungudik dan Puskesmas Matarambaru. Namun, saat ini, 4 Puskesmas tersebut sudah kembali dibuka untuk melayani masyarakat.

Salman Saleh berharap, untuk memutus rantai penyebaran covid-19, rencananya akan dilaksanakan vaksinasi. Sebagai tahap awal, vaksinasi akan dilaksanakan terhadap 2.400 nakes dan 10 tokoh masyarakat.

“Untuk wilayah Lampung Timur Vaksinasi rencananya akan dilaksanakan Februari mendatang,”imbuh dr.Nanang.

Diketahui, penyebaran corona virus disease (covid-19) di Kabupaten Lampung Timur masih berlanjut. Saat ini total warga yang terkonfirmasi covid-19 sebanyak 442 atau tambah 13 kasus baru dibanding sehari sebelumnya.

Dari 13 kasus baru itu, 4 di antaranya warga Kecamatan Sekampungudik, Matarambaru 3, Brajaselebah 2, Purbolinggo 1, Waybungur 1, Labuhanmaringgai 1 dan Pasirsakti 1.

Dari 442 yang terkonfirmasi covid-19, yang telah sembuh dan selesai menjalani isolasi 260 orang dan yang meninggal dunia 20.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here