Lapor, Dana Desa Untuk Posyandu di Pekon Sinar Saudara Tak Sesuai Program

348 views
Pekon Sinar saudara
Kantor pekon sinar saudara

TANGGAMUS – Pemerintah Pekon menganggarkan pemberian makanan tambahan untuk 117 balita hanya sebesar Rp100 ribu perbulan saat pelaksanaan kegiatan posyandu di Pekon Sinar Saudara Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Padahal, dalam peningkatan bantuan operasional posyandu dan kader posyandu serta meningkatkan pembinaan atau pelatihan kader posyandu balita dan kader lansia merupakan salah satu program 55 aksi Bupati Kabupaten Tanggamus.

Tapi miris, apa yang terjadi di Pekon Sinar Saudara, sepertinya tidak sesuai dengan apa yang terprogram dalam 55 aksi Bupati Tanggamus yang selama ini tidak ada lagi terdengar di telinga masyarakat hingga ke pelosok daerah tentang 55 aksi Bunda Dewi.

Ketua Kader Balita, Handayani mengatakan bahwa Pemerintah Pekon hanya memberikan dana sebesar Rp100 ribu untuk tiap kegiatan posyandu seperti untuk mempersembahkan makanan tambahan balita.

“Kami setiap bulan dikasih duitnya Rp100 ribu buat beli makanan tambahan balita, dan kegiatan Posyandu nya setiap bulan” kata Handayani. Kamis lalu (18/2/21).

Handayani menambahkan bahwa dana sebesar Rp100 ribu tersebut untuk mempersembahkan makanan sehat 117 balita yang ada di Pekon Sinar Saudara.

“Setiap kegiatan posyandu, buat beli makanan tambahan Rp100 ribu, balitanya ada 117 balita, jadi bentuknya kami di beri uang Rp100 ribu untuk dijadikan makanan sehat balita” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Pekon Sinar Saudara, Samsudin menyampaikan bahwa kegiatan Posyandu di pekonnya terlaksana, seperti mempersembahkan makanan tambahan

“Posyandu sudah kami laksanakan, dan kami memberikan makanan tambahan, mekanismenya untuk anggaran mempersembahkan makanan tambahan balita tersebut kita realisasikan setiap bulan Desember” bebernya.

Diakuinya bahwa Pemerintah Pekon menggunakan dana talangan untuk biaya kegiatan posyandu sebelum Dana Desa di Pekonnya cair.

Biasanya di Tahun 2020 kemaren, kami pakai dana talangan dulu untuk sampai bulan Desember, kita cari pinjaman dulu untuk kegiatan posyandu, nanti di bulan Desember kita bayarin, biar kegiatan posyandu tetap berjalan “jelasnya.

Saat disinggung terkait besaran anggaran kegiatan posyandu balita dan ibu hamil, Samsudin enggan menjelaskan kisaran perbulannya untuk mempersembahkan makanan balita dan ibu hamil tersebut.

“Ya anggaran untuk mempersembahkan makanan tambahan ibu hamil dan balita, ada, tapi saya lupa anggarannya berapa, ada catatannya kok” pungkasnya.

Untuk diketahui, bahwa anggaran Penyelenggaraan Pos Kesehatan Pekon / Polindes Milik Pekon (obat, Insentif, KB, dsb) di Pekon Sinar Saudara sebesar Rp19,9 juta.

Hingga hari ini, Pj Kakon Sinar Saudara berhasil belum dikonfirmasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here