Format#1: Aneh Pilkakon di Tanggamus Carut Marut, Tapi Dapat Penghargaan dari Kemendagri

1.102 views
Ketua Forum Masyarakat Tanggamus Bersatu (Format # 1) Deri Ardiansyah
Ketua Forum Masyarakat Tanggamus Bersatu (Format # 1) Deri Ardiansyah

TANGGAMUS – Ketua Forum Masyarakat Tanggamus Bersatu (Format#1) Deri Ardiansyah angkat bicara terkait pemberian penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI kepada Bupati dan Forkopimda Tanggamus, terkait penyelenggaraan Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) Serentak di Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 lalu.

Deri, berpendapat bahwa dalam pelaksanaan Pilkakon aman dan kondusif serta taat Prokes, itu artinya masyarakatnya taat hukum, tapi bukan berarti tidak bermasalah dalam teknis pelaksanaannya. Teknis Pilkakon serentak itu banyak persoalan dan harus menjadi bahan evaluasi bagi Bupati Tanggamus kedepan.

“Kasian Ibu Bupati, beliau hanya disodori laporan bagus oleh para bawahannya, padahal kenyataannya carut marut, untuk mendukung kinerja Bupati hendaknya tempatkan orang-orang yang standar kompetensinya, bagus dan sesuai bidang keahliannya” bebernya. Kamis (25/2/21).

Menurutnya, masyarakat Tanggamus sekarang sudah pintar dan bisa menilai. Sehingga dengan pemberian penghargaan tersebut kian memperjelas mekanisme pemberian penghargaan. Karena aneh, saat semua kandidat dan masyarakat banyak protes tapi sebaliknya, pemerintah diberi penghargaan dan dikatakan sukses.

Deri menjelaskan bahwa Bupati Tanggamus memang mempunyai program yang sangat bagus dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, akan tetapi jika tidak didukung oleh bawahan yang cerdas bahkan cenderung sembrono maka program-program tersebut akan rusak.

Ia berharap agar Bupati Tanggamus untuk melakukan kajian-kajian dalam hal kebijakan publik secara komplit sebelum mengambil tindakan untuk diterapkan.

“Harapan kami dalam hal kebijakan publik, mohon kiranya lakukan kajian yang komplit sebelum penerapan, guna meminimalisir dampak buruknya” harapnya.

Dalam hal ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus, Kurnain menyampaikan selamat kepada Bupati Tanggamus yang mendapat penghargaan dari Kemendagri RI atas suksesnya penyelenggaraan Pilkakon serentak Tahun 2020 kemaren.

“Pertama, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Bupati Tanggamus atas diterimanya penghargaan sebagai Kabupaten yang sukses menyelenggarakan Pilakakon serentak, begitu pula sukses pada Kapolres yang telah berhasil mengamankan jalannya Pilkakon serentak” tuturnya.

Dalam prosesnya, lanjut Kurnain yang juga sebagai Ketua DPD Nasdem Kabupaten Tanggamus ini, tentu mengalami hambatan dan kelemahan, hal ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi kita dalam memperbaiki agenda Pilkakon selanjutnya.

Diketahui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktur Jendral Bina Pemerintahan Desa (Dirjen Bin Pemdes) memberikan piagam penghargaan atas keberhasilan penyelenggaraan pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) serentak Kabupaten Tanggamus Tahun 2020.

Penyerahan piagam oleh Dirjen Bin Pemdes Kemendagri Dr. Yusharto Huntoyongo kepada Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., serta jajaran Forkopimda Tanggamus di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Kabupaten Tanggamus, Rabu, (24/02/2021).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here