24 Tahun Kabupaten Tanggamus, Beragam Prestasi Jadi Kado Istimewa  

229 views
HUT Kabupaten Tanggamus
24 Tahun Kabupaten Tanggamus, Beragam Prestasi Jadi Kado Istimewa , Senin (22/3/2021) 

TANGGAMUS  – 24 Tahun Kabupaten Tanggamus, Lampung, terus berusaha maju dan berkembang demi kesejahteraan masyarakatnya. Beragam penghargaan atas prestasi pun dicapai diusia yang mulai beranjak dewasa.

Ibarat gadis belia, Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama itu terus bersolek mempercantik diri supaya tampil mempersona, charming, cute, slim and beauty. Atau kalo boleh kita pinjam standard quality miss universe, beauty, brain and behavior.

Kabupaten Tanggamus, sudah menuju kearah yang tepat dan benar. Namun seberapa besar capaian tersebut ini yang harus terus direncanakan secara matang dan berkesinambungan.

Diperolehnya berbagai predikat serta sertifikat dan penghargaan tingkat provinsi maupun nasional terkait kinerja menunjukkan  bahwa pemerintah Kabupaten Tanggamus, sedang tune up dan bekerja secara optimal di bawah kepemimpinan Bupati Hj. Dewi Handajani dan Wakil Bupati Hi. AM. Syafii.

Begitu banyak keberhasilan yang dicapai, utamanya dalam pelaksanaan program pembangunan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat.  Seperti bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ketentraman, ketertiban umum, perlindungan masyarakat, perumahan dan pemukiman, serta sosial.

Tahun ini, suasana berbeda dalam memperingati HUT Kabupaten Tanggamus Ke-24 digelar secara sederhana dengan tetap melakukan protokol kesehatran di Ruang Rapat Utama Pemkab Tanggamus, Senin (22/3/2021).

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Wakil Bupati AM.Syafi’i, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Forkopimda Tanggamus, Sekdakab, Asisten dan Staf Ahli Bupati, serta seruluh OPD dan Camat melalui virtual meeting.

Tahun ini HUT ke-24 Kabupaten Tanggamus, mengusung tema “Wujudkan Kabupaten Tanggamus Maju dan Keren”, Bupati Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, bahwa Kabupaten Tanggamus telah berdiri selama 24 tahun, atau tanggal 21 Maret 1997, Kabupaten Tanggamus secara resmi berdiri.

“Berkat rahmat Allah SWT, tidak terasa Kabupaten Tanggamus telah berusia dewasa, yaitu 24 tahun adalah rentang perjalanan waktu yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah,” kata Bupati.

Bupati mengungkapkan, bahwa dirinya juga telah hampir 18 tahun berkarya dan mengabdi di Bumi Begawi Jejama ini. Baik selaku istri Pemimpin Daerah, dan saat ini sebagai Kepala Daerah.

“Dimasa kepemimpinan Saya lah kita alami suatu masa yang sangat sulit yaitu pandemi Covid 19. Suatu kondisi yang menerpa seluruh dunia, bukan saja di Kabupaten Tanggamus tercinta ini,” ungkap Bupati.

Lanjut Bupati, semua sektor terkena dampaknya, khususnya sektor ekonomi, sosial dan budaya. Termasuk sektor politik di Kabupaten Tanggamus pun terkena dampaknya. Dimana pada tahun lalu akibat pandemi yang melanda terjadi penundaan Pemilihan Kepala Pekon yang cukup lama.

Namun berkat rahmat Allah jualah sehingga semua permasalahan akibat penundaan tersebut dapat terselesaikan dan kita wajib bersyukur bahwa Pilkakon telah selesai dilaksanakan pada tanggal 16 desember 2020 lalu.

“Atas pelaksanaan Pilkakon serentak yang berlangsung aman, kondusif dan sukses dengan persentase partisipasi sebesar 78% dari 306.760 pemilih. Bahkan beberapa waktu lalu kita mendapat piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai kabupaten yang menyelenggarakan Pilkakon Serentak dengan jumlah terbanyak yaitu 220 pekon, dan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid 19,” imbuh Bupati.

Masih kata Bupati, bahwa beberapa hari yang lalu atau tanggal 18 Maret 2021 Provinsi Lampung juga memperingati hari jadi yang ke 57, yang bertema “Mewujudkan Pembangunan Daerah yang berkelanjutan untuk Rakyat Lampung Berjaya”.

“Untuk itu kami, atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengucapkan Dirgahayu Provinsi lampung yang ke 57. Semoga Provinsi Lampung terus berkembang maju dan terus melanjutkan pembangunan.” paparnya.

Dewi mengungkapkan bahwa sinergi antara Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus selalu dilaksanakan. Cukup banyak program-program Pemerintah Provinsi Lampung yang bersentuhan langsung dengan Kabupaten Tanggamus.

“Telah banyak capaian kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengucapkan terimakasih kepada Pemerintahan Provinsi Lampung,” ujar Bupati.

Selanjutnya berkaitan dengan tema Peringatan HUT ke-24 Kabupaten Tanggamus saat ini adalah “Mewujudkan Kabupaten Tanggamus Maju dan Keren.”

Bupati mengajak semua pihak agar dapat menjadikan hari jadi ke-24 Kabupaten Tanggamus sebagai momentum untuk terus berjuang, berkarya, dan bekerja sama. Agar cita-cita mewujudkan Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera dapat segera tercapai.

“Peringatan hari jadi ini juga merupakan wahana bagi kita untuk melakukan refleksi atas kinerja pembangunan dan pemerintah secara objektif selama perjalanan kurun waktu tahun lalu. Setiap keberhasilan yang telah dicapai agar terus dipertahankan dan ditingkatkan.” ungkap Bupati.

Sedangkan program-program daerah yang belum dicapai, lanjutnya, haruslah menjadi sumber inspirasi bagi kita semua untuk terus bersama-sama bekerja keras mencapainya kita harus memiliki komitmen untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Dengan kekompakan, suasana damai dan kondusif, insyaallah segala usaha akan dapat berhasil,” harap Bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik para Pimpinan dan Aggota Legislatif, Forkopimda, para birokrat, instansi vertikal, swasta serta seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk memajukan masyarakat Tanggamus.

Bupati juga menyampaikan bahwa telah banyak penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Tanggamus, dan beberapa yang terakhir, diantaranya:

  1. Kembali meraih predikat WTP dari BPK RI untuk yang kelima kalinya.
  2. Kabupaten Cukup Peduli HAM Tingkat Basional.
  3. Penganugerahan Innovative Government World (IGA) Tahun 2020 Kategori Kabupaten Sangat Innovatif dari Kemendagri.
  4. Pelaksanaan Terbaik Program Kampung Iklim Utama dari Kementerian LH yang diraih oleh Pekon Ngarip, Kecamatan Ulubelu.
  5. Penghargaan Terbaik I Pembangunan Daerah Pangripta Saburai Kategori Kabupaten Tingkat Provinsi Lampung.

Bupati juga menyampaikan bahwa dimasa pandemi ini, peringatan HUT ke 24 Tahun ini dilaksanakan secara sederhana, namun hendaknya penuh makna dan bermanfaat bagi warga masyarakat yang memang sedang dilanda kesusahan dan kesulitan.

“Pada hari ini kita melaksanakan pemberian santunan kepada anak yatim, yang membutuhkan pertolongan dan belaian kasih sayang dari kita. Sesuatu yang tidak mungkin lagi didapatkan dari orangtuanya yang telah tiada.”

“Jika kita melihat seseorang yang penyayang kepada anak-anak yatim dan menyantuni mereka maka orang tersebut adalah seorang yang berbudi dan berakhlak mulia, kasih sayang berbuat baik kepada anak yatim adalah sebagian dari akhlak dan moralitas orang-orang mulia,” kata Bupati.

Mengakhiri sambutannya, Bupati kembali mengajak untuk terus taat protokol kesehatan.

“Selalu jaga jarak, pakai masker, dan selalu cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Harapannya pandemi ini segera berakhir dan Tanggamus kembali menjadi zona Hijau, kita semua akan kembali hidup normal dan produktif, ekonomi masyarakat dapat bangkit kembali. Kepada semua pihak, kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tulus atas dorongan semangat, koreksi dan kritik yang ditujukan kepada kami dalam mengemban amanah, tugas pemerintah dan pembangunan selama ini.”

“Akhirnya marilah kita memohon kehadiran Allah SWT, kiranya berkenan memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita semua serta membimbing cita-cita leluhur masyarakat Tanggamus menuju masa depan sejahtera yang dilandasi nilai-nilai Islam. Dirgahayu ke – 24 Kabupaten Tanggamus dan Dirgahayu ke – 57 Provinsi Lampung,” tandas Bupati.

Dalam peringatan tersebut, dilakukan pemotongan tumpeng, oleh Bupati, Forkopimda dan seluruh jajaran yang ada. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here