Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

213 Santri Lulus Seleksi PBSB, Bukti Pesantren Miliki Kualitas Unggul

×

213 Santri Lulus Seleksi PBSB, Bukti Pesantren Miliki Kualitas Unggul

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Hasil seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2021 telah diumumkan pada Senin (31/5/2021). Sebanyak 213 peserta dari kalangan pesantren dinyatakan lulus sebagai mahasantri pada 19 Perguruan Tinggi Mitra (PTM).

PBSB merupakan bagian dari afirmasi Kementerian Agama (Kemenag) dalam memperluas akses santri untuk mendapatkan kesempatan belajar di perguruan tinggi.

Scroll untuk baca artikel

PBSB diinisiasi dalam rangka menyiapkan santri yang unggul, kompetitif, memiliki potensi akademik yang baik, sekaligus menciptakan mobilitas sosial vertikal.

“PBSB menjadi salah satu terjemahan konnkret atas amanat Undang-Undang Pesantren untuk memberikan rekognisi, afirmasi, serta fasilitasi secara maksimal kepada pesantren dalam menjalankan fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat,” jelas Menag.

“PBSB menjadi investasi penting untuk menciptakan kader ulama sekaligus ilmuwan santri yang moderat dan mampu berpikir dan bersikap dengan cara-cara yang makruf,” lanjutnya.

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menambahkan, pengumuman hasil seleksi PBSB berdasarkan yudisium penentuan kelulusan yang dilakukan pada 28 Mei 2021. Hasil penentuan yudisium itu ditandatangani dalam berita acara oleh penentu kelulusan dari PTM dan Kemenag.

Ada 21 PTM dalam PBSB, yaitu: UIN Alauddin Makassar, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Walisongo Semarang, UIN Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, ITS Surabaya, UGM Yogyakarta, Unisma, UPI Bandung, Universitas Negeri Jakarta, Unusia, Unwahas Semarang, Uninus Bandung, Universitas Islam Makassar, Universitas Mataram, serta IAI Bunga Bangsa Cirebon.

“Pengumuman hari ini hanya untuk kelulusan di 19 perguruan tinggi mitra. Total santri yang mendaftar di PBSB tahun ini sebanyak 4.614 orang,” ujar Dhani.

Hasil seleksi di Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) akan diumumkan pada 30 Juni mendatang. Pengumuman IPB bersamaan dengan pengumuman Beasiswa Utusan Daerah (BUD) IPB, sementara untuk UI, masih ada tahap Seleksi Masuk UI atau SIMAK-UI yang akan digelar pada 19-21 Juni.