Scroll untuk baca artikel
BudayaZona Bekasi

FKMPB Gelar Lomba Tari Tradisional dan Fashion Show

×

FKMPB Gelar Lomba Tari Tradisional dan Fashion Show

Sebarkan artikel ini

WAWAINEWS – Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Bekasi (FKMPB) Kabupaten, menggelar lomba tari tradisional dan fashion show busana adat di GOR Tambun Selatan. Puluhan peserta dari anak hingga remaja mengikuti perlombaan tersebut, Minggu (28/11/2021).

Puluhan peserta dari kalangan anak-anak hingga tingkat remaja di wilayah Tambun menunjukkan bakat seni dengan pakaian khas didepan para juri untuk mendapatkan penilaian agar mendapatkan piala Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, M. Nuh.

Scroll untuk baca artikel

Pada setiap kategori juri menetapkan tiga pemenang, juara pavorit, harapan dan lainnya. Belasan piala telah disiapkan panitia pelaksana dari FKMPB Kabupten yang diserahkan langsung oleh Juhandi selaku Kepala Badan Kesbang Pol Kabupaten Bekasi kepada juara.

“Melalui perlombaan tari tradisional dan fashion show pakaian adat ini dapat memunculkan kreasi baru bakat bagi anak di bidang budaya lokal. Giat ini menjadi salah satu cara dalam melestarikan budaya,”ungkap Juhandi juga sebagai Pembina FKMPB Kabupaten, usai menyerahkan piala bergilir.

Dikatakan bahwa banyak budaya tradisi di Kabupaten Bekasi masih terus dilestarikan meskipun diketahui dengan banyaknya warga dari luar Bekasi yang datang dan membawa budaya daerahnya.

Melalui lomba tari tradisi dan fashion show pakaian adat menjadi ajang memperkenalkan keberagaman Indonesia yang ada di Kabupaten Bekasi. Karena terlihat dari peserta fashion rata-rata menyesuaikan pakaian dari daerahnya.

“Kita bisa melihat tadi ada tari Lampung, Makassar, Betawi, Sunda dan lainnya tampil dengan berbagai ekspresi karena pesertanya masih anak-anak. Ini menjadi tanda bahwa semua budaya di Indonesia ada di Kabupaten Bekasi ini,”tandas Juhandi.

Eko Setiawan Ketua FKMPB menyampaikan perlombaan yang digelar tersebut sebagai bentuk perhatian FKMPB dalam memperhatikan bidayang kesenian dan budaya. Sehingga perhatian tidak hanya pada soal sosial.

“Ini digelar dengan swadaya, alhamdulillah bisa terlaksana maksimal. Antusias peserta begitu banyak dari awal sampai akhir GOR Tambun Selatan penuh oleh peserta yang membawa serta keluarga,”papar Eko.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut bisa memberi dampak positif dalam upaya pelestarian budaya di Kabupaten Bekasi. Sehingga mampu menambah keharmonisan ditengah masyarakat.(**)