Scroll untuk baca artikel
Ekonomi

Hanya 261 Koperasi Aktif, Jumlah UKM Ribuan di Lamsel

×

Hanya 261 Koperasi Aktif, Jumlah UKM Ribuan di Lamsel

Sebarkan artikel ini

LAMSEL- Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) I Ketut Sukerta, menyampaikan sesuai data jumlah koperasi aktif di wilayah tersebut hanya 261 Koperasi. Sebarannya berada di 17 Kecamatan setempat.

“Koperasi tersebut aktif karena memiliki data laporan rapat anggaran tahunan (RAT). Koperasi di Lamsel juga sudah mengikuti perlombaan tingkat daerah dan nasional,”ungkap I Ketut, kepada Wawai News, Jumat (20/3/2020).

Scroll untuk baca artikel

Dikatakan laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) menjadi acuan dinas dalam menentukan koperasi aktif di wilayah setempat. Hal tersebut sudah menjadi aturan baku dan menjadi ketentuan utama koperasi dikatakan aktif atau vakum.

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan data jumlah Usaha Kecil Menengah (UKM) mencapai 9000 yang jadi binaan pemerintah Kabupaten Lamsel.  Jumlah tersebut tersebar di 17 Kecamatan.

“UKM Lamsel memang sangat banyak, dengan beragam cluster jumlah total nya mencapai 9000. Dari jumlah tersebut terbanyak terdapat pada cluster UKM Makan Minum (Mamin),”tegas Iketut.

Menurutnya, UKM didominasi oleh home industri makan minum seperti kripik pisang, otak otak kemudian kerajinan, meubeleur, dan lainnya.

“Bahan baku paling banyak di Lamsel adalah pisang. Sehingga dinas terus memberi pembinaan agar inovasi, meliputi kemasan, varian rasa. Pembinaan juga dengan mendatangkan swasta untuk membranding produk UKM di Lamsel,”tandas dia.

Dia mengatakan terkadang mendatang perkumpulan khusus UKM untuk memberi pelatihan. Sehingga produk melalui pelatihan dan lainnya.

“Dinas Koperasi dan UKM terus fokus memberi pembinaan bagi pelaku UKM di Lamsel seperti adminitrasi, sistem pengolahan, kemasan. Begitupun  pemasaran terus di beri peluangan dengan menjalin kerjasama berbagai pihak,”ucapnya.

Dia menyarankan semua produk UKM di Lamsel terutama Mamin seperti keripik pisang dan lainnya bisa menggunakan lambang siger
Sehingga menunjukkan ciri khas tersebut (En).