Scroll untuk baca artikel
Persona

Harno, Kembangkan Tanaman Melalui Media Polybag di Pedesaan

×

Harno, Kembangkan Tanaman Melalui Media Polybag di Pedesaan

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Lamtim – Memasuki musim kemarau, Harno (45), warga Desa Tanjungwangi, Kecamatan Waway Karya seolah jadi momok bagi petani jagung dan padi. Bagi Harno, bercocok tanam tidak harus dilahan yang luas dengan menggunakan media polybag dia mengkreasikan aneka tanaman di halaman rumahnya.

Diketahui  beberapa bulan terakhir kekeringan mulai mengancam lahan pertanian di wilayah Waway Karya. Hal tersebut menjadikan sebagian petani di wilayah setempat cemas dalam bercocok tanam.

Scroll untuk baca artikel

“Saya mencoba mengembangkan tanaman sayur melalui media tanam polybag. Ini sebagai contoh, biar bisa ditiru warga lainnya. Jangan karena memasuki musim kekeringan petani berhenti menanam,”ucap Harno.

Menggunakan media polybag, Harno ingin mengenalkan sistem bercocok tanam dengan istilah hidroponik. Sistem tersebut menggunakan media air dan tanah dicampur sekam.

Bagi Harno jika diperkotaan media hidroponik menggunakan pipa dan pompa air dalam mengaliri tanam. Dia mengklaim menggunakan polybag tidak jauh berbeda dengan hidroponik perkotaan.

Menggunakan Polybag Harno menanam aneka sayuran, dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya. Harno, adalah salah satu petani di desanya, memasuki musim panas dia mencoba mengembangkan tanaman menggunakan media polybag.

“Bercocok tanam menggunakan media polybag sangat mudah dalam perawatannya, tinggal siram pagi airnya akan tetap basah sepanjang hari,”pungka Harno mengklaim merodenya sedang trend di perkotaan. (Kandar)