Scroll untuk baca artikel
Wisata

Jabung, Kini Miliki Agro Wisata Berbasis Desa

×

Jabung, Kini Miliki Agro Wisata Berbasis Desa

Sebarkan artikel ini
Agrowisata Tanjungsari
Agrowisata Desa Tanjungsari, Kecamatan Jabung di launching, bersamaan dengan lomba desa 8 April 2021 lalu.

LAMTIM – Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, terus melakukan pembenahan dalam menggali potensi yang ada di wilayah setempat dengan mengembangkan budidaya pertanian menjadi tempat wisata unggulan.

Potensi unggulan yang dapat dikembangkan di daerah kaya produk pertanian atau perkebunan adalah agrowisata. Setelah sukses mengembangkan Way Guruh di Desa Negara Batin, kini potensi Agro Wisata diresmikan di Desa Tanjungsari, Jabung.

Scroll untuk baca artikel

“Desa Tanjungsari, Kecamatan Jabung, diusianya ke-13 cukup maju pesat. Sehingga tak salah jika dijadikan perwakilan Jabung untuk lomba desa tingkat Kabupaten Lampung Timur,”ungkap Hendri Gunawan, Camat Jabung, saat pelaksanaan lomba desa dan launching Agro Wisata Desa Tanjungsari pada 8 April lalu.

Menurutnya, agrowisata sangat potensial dikembangkan menjadi wisata unggulan. Apalagi suasana lingkungan yang asri, masyarakatnya ramah, dapat menjadi daya tarik wisata.

Hanya perlu inovasi dan kreativitas, agar menjadi unik dan memberi pengalaman wisata yang sangat berkesan.

Belakangan ini, agrowisata semakin digemari oleh wisatawan. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat merasakan hasil pertanian dan perkebunan seperti sayur dan buah-buahan segar yang dipetik langsung dari pohonnya.

Hendri Gunawan mengatakan bahwa Desa Tanjungsari, sebagai perwakilan Kecamatan Jabung, saat ini juga masuk pilar kedua Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) begitu pun pengelolaan tentang prokes.

“Perlu diketahui bahwa Desa Tanjungsari juga sukses dalam pengelolaan BUMDes-nya, mampu memberi PAD bagi desa mencapai Rp70 juta dari pengelolan perairan yang dialirkan ke sawah warga,”tukasnya.

Lokasi Agro Wisata Tani di Desa Tanjungsari, Kecamatan Jabung, di launching langsung oleh Ibu Bupati Yusbariah Dawam Rahardjo.

Suyanto lurah Tanjungsari, dengan diresmikan Agro Wisata di tempatnya berharap memberi kontribusi bagi masyarakat setempat.

“Saya berharap Agro Wisata di Desa Tanjungsari, mampu memberi kontribusi bagi masyarakat dan memotivasi para petani untuk berkembang secara mandiri,”ungkap Suryanto. (Nal)