Scroll untuk baca artikel
Nasional

Jokowi Minta Kepala Daerah Gali Potensi Ekspor di Wilayahnya

×

Jokowi Minta Kepala Daerah Gali Potensi Ekspor di Wilayahnya

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Presiden Joko Widodo, meminta kepala daerah di seluruh wilayah Indonesia untuk menggali potensi wilayahnya untuk di ekspor.

“Saya minta Gubernur, Bupati dan Walikota untuk menggali potensi ekspor di daerahnya masing – masing,” ucap Jokowi dalam acara Pelepasan Merdeka Ekspor Pertanian secara virtual dari Istana Bogor, Sabtu (14/08/2021).

Scroll untuk baca artikel

Diungkapkan saat ini dari 514 Kabupaten /Kota baru 293 Kabupaten/Kota yang memiliki sentra komoditas unggulan ekspor seperti sawit, karet, kopi dan beberapa komoditas lain yang diminati pasar global dan masih banyak komoditas yang dapat dikembangkan seperti sarang burung walet, Porang, edamame, bunga melati dan lain sebagainya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ekspor ini dapat memberikan dampak positif bagi para petani dan pelaku usaha, sehingga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, para petani diharapkan tetap produktif dimasa pandemi ini.

Provinsi Lampung menjadi salah satu pintu pengeluaran terpilih untuk melepas ekspor produk pertaniannya.
Selama Agustus ini, Lampung telah mengekspor produk pertanian dari berbagai sub sektor.

Diantaranya perkebunan, tanaman pangan, hortikultura, kehutanan, dan jenis lainnya dengan total ekspor pertanian Provinsi Lampung yang dilepas saat event ini mencapai 660,5 miliar rupiah dengan tujuan ke 47 negara.