Scroll untuk baca artikel
Ekonomi

Kadin Award 2019, Emil Dianugerahi Gubernur Terbaik

×

Kadin Award 2019, Emil Dianugerahi Gubernur Terbaik

Sebarkan artikel ini

BALI – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menganugerahkan penghargaan Gubernur/Kepala Daerah Provinsi Terbaik Wilayah Tengah kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil pada Kadin Award 2019, Jumat (29/11/19).

Kadin Award yang baru digelar bersamaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2019 di The Westin Resort Nusa Dua, Kuta Selatan, Bali, ini merupakan apresiasi kepada kepala daerah yang membantu percepatan ekonomi Indonesia serta mendukung program Kadin Indonesia maupun daerah.

Scroll untuk baca artikel

Usai acara, Ridwan Kamil mengatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar terus berkolaborasi dengan Kadin Jabar dalam upaya meningkatkan sektor industri dan perdagangan, termasuk di perdesaan, melalui berbagai program unggulan.

“Kami (Pemda Provinsi Jabar) ada (program) Saudagar Jabar yang mendahulukan semua peluang bisnis di Jabar ini kepada pengusaha lokal. Kami sangat ingin mereka maju. Jadi setiap gubernur dapat informasi investor masuk dari luar, saya selalu minta partner lokalnya dari Jabar,” ucap Emil –begitu Ridwan Kamil disapa.

“Kami juga menggerakkan UMKM dari berbagai bidang, ada Satu Pesantren Satu Produk (OPOP) yang lima terbaik sekarang sedang berada di Turki, juga ada program Satu Desa Satu Perusahaan (OVOC) itu juga mendukung ekonomi desa agar maju,” tambahnya.

Emil menegaskan, hubungan kolegial dan resiprokal antara pihaknya dan Kadin Jabar bertujuan demi meningkatkan ekonomi umat melalui inovasi. Penghargaan yang diterimanya pun menjadi bukti adanya relasi yang baik antara Pemda Provinsi dan Kadin Jabar.

“Intinya kami ingin pengusaha lokal bangkit. Jangan (sampai) Jabar jadi serbuan pengusaha bukan dari Jabar. Itu kewajiban, jadi dapat penghargaan bukan tujuannya,” kata Emil.

Adapun selain penghargaan Gubernur/Kepala Daerah Provinsi Terbaik Wilayah Tengah bagi Emil, Provinsi Jabar juga menyabet tiga penghargaan lain yakni Kategori Bank Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melalui Bank bjb, serta Wali Kota/Kepala Pemerintahan Kota Terbaik yang diberikan kepada Bupati Bekasi dan Kuningan.

Totalnya, terdapat empat penghargaan bagi Jabar di Kadin Award 2019. Kategori lainnya adalah Kategori Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Gubernur/Kepala Daerah Provinsi Wilayah Barat, dan Gubernur/Kepala Daerah Provinsi Wilayah Timur. (SINUL)