Scroll untuk baca artikel
Nasional

Ketum IMO Desak Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Rumah Wartawan di Binjai

×

Ketum IMO Desak Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Rumah Wartawan di Binjai

Sebarkan artikel ini
kekerasan jurnalis
ilustrasi kekerasan terhadap jurnalis

JAKARTA – Ketum IMO Indonesia, Yakub Ismail, mengecam keras aksi pembakaran rumah milik Sabarsyah, 65, wartawan di Binjai Sumatera Utara, yang ditengarai dilakukan oleh Orang Tidak di Kenal (OTK).

“Kami mendesak agar kepolisian bisa bertindak cepat menangani kasus pembakaran serta menangkap pelaku, sebagai satu bentuk penegakan hukum, jaminan akan kebebasan dan perlindungan ke pada wartawan dalam menjalankan profesinya seperti tertera di dalam UU 40 tahun 1999,” kecam Yakub Ismail yang juga Ketua Media Masa Kadin Indonesia, pada Senin (14/6/2021)

Scroll untuk baca artikel

Yakub menilai bila pembakaran rumah merupakan presiden buruk yang seharusnya tidak boleh terjadi dalam iklim demokrasi. Untuk itu Ia menyesalkan serta mendorong agar semua pihak memahami kerja-kerja jurnalis yang dijamin kebebasan dan dilindungi.

“Secara pribadi saya menyesalkan kejadian ini. Karenanya Polisi harus mengejar dan menangkap pelaku supaya insiden semacam ini atau teror terhadap wartawan tidak terulang dikemudian hari,” jelas Yakub.

Diketahui sebelum api berkobar melahap rumah Sabarsyah selaku korban mulai tercium aroma BBM jenis premium dari ruang tamu. Korban yang saat itu tengah menonton acara televisi kemudian di kagetkan dengan kobaran si jago merah. Untungnya saat kejadian, cuaca sedang dalam keadaan gerimis, sehingga api tidak sempat melahap seluruh isi rumah.

“Saya yakin kalau rumah saya dibakar Orang. Karena tiba-tiba ada suara bunyi yang keras dan tiba-tiba saya melihat langsung api membesar. Spontan saya menjatuhkan kereta (sepeda motor – red) yang hanya berjarak sekitar satu meter dari api” papar Sabarsyah sembari mengingat kejadian, pada Minggu (13/6/2021) dini hari.

Selain itu keempat cucu dan ibunya yang kala itu tengah tidur di kamar depan, bersebelahan dengan titik kobaran api, katanya, bisa diselamatkan. Sabarsyah, mantan wartawan yang akrab disapa Ucok Gondrong, menduga kalau peristiwa ini terkait dengan sala satu berita yang oleh anaknya, Sofian.

“Saya berkeyakinan pembakar rumah saya adalah orang suruhan dari preman yang di diberitakan oleh anak saya. Ini (insiden) yang kalinya rumah saya terbakar. Sebelumnya juga rumah saya pernah di bakar OTK, tapi sampai saat ini belum terungkap pelakunya” beber Ucok

Sebagai masyarakat, Ia meminta agar keadilan dapat ditegakkan dan pelaku pembakaran rumahnya bisa segera di tangkap. Sebab, menurutnya aksi teror OTK berupa penyerangan pernah dilakukan di rumah anaknya yang berujung pada rusaknya sejumlah fasilitas.

“Hukum jangan tajam ke bawah, tumpul ke atas,” tandasnya

Menanggapi insiden ini, saat memimpin langsung olah TKP untuk mengumpulkan barang bukti di lokasi, Kapolsek Binjai kota, Kompol Aris Gianto, menyampaikan pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih dalam demi mengungkap fakta dibalik kasus pembakaran ini.

“Saat ini kami masih melakukan penyelidikan. Sabar ya, mohon doa dari rekan-rekan semua,” pungkasnya

Adapun tempat kejadian berlokasi di Jalan Bantara Raya, Lingkungan XII Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai kota.