Menkop Dorong Perkuat Ekonomi Kerakyatan di Lampung Melalui Koperasi

118 views
Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki , saat membuka acara Lampung Begawi 2021, Bertempat di Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, Kamis (9/9/2021)- foto ist

LAMPUNG – Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki menyampaikan, melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diinisiasi Pemerintah dan Bank Indonesia, ditargetkan UMKM go digital mencapai 30 juta di 2024.

Dikatakan bahwa selama 1.5 tahun ini peningkatannya cukup pesat, bertambah 7,3 juta UMKM. Berbagai riset membuktikan UMKM yang telah bertranformasi ke digital memiliki ketahanan lebih terhadap krisis, lebih efisien, bahkan omsetnya banyak yang meningkat.

“Provinsi Lampung adalah salah satu provinsi yang potensial di sektor pertanian. Hal ini terlihat dari data-data seperti sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan yang merupakan penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Lampung Juli 2021, yakni sebesar 30,55 %,”tegasnya.

Selain itu, komoditas ekspor terbesar sebagian besar juga dari sektor pertanian, yakni Lemak dan minyak hewani/nabati, kopi, teh, rempah-rempah, olahan dari buah-buahan/sayuran, dan bubur kayu/pulp.

Menurutnya saat ini koperasi di lampung yang sudah Grade A dan B cukup tinggi, dengan jumlah 492 koperasi atau 24x dari koperasi aktif (Kemenkop, 31 Desember 2020). Untuk itu, Teten Masduki mengajak Gubernur untuk terus memperkuat koperasi.

“Pak Gubernur, ayo sama-sama kita perkuat ekonomi rakyat melalui koperasi agar punya posisi tawar dan skala ekonomi yang besar,” ujar Teten Masduki.

Pemerintah terus memberikan kemudahan agar koperasi bisa berkembang, seperti pembiayaan koperasi lewat LPDB, KUR khusus untuk pertanian, dan menghubungkan dengan Offtaker.

Teten menyampaika bahwa di Lampung sedang berjalan pengembangan koperasi pisang yang siap ekspor dengan pembiayaan lewat LPDB dan offtakernya oleh GGP.

“Jadi Sudah ada kemudahan modal dan kepastian pasarnya,” kata Teten Masduki.

Dia pun mengajak Pemerintah, BI, BUMN, Swasta, dan lainnya untuk terus bersinergi dan berkolaborasi agar menjadi gerakan bersama di seluruh Indonesia.

“Mari kita rawat optimisme bersama ini demi perekonomian nasional yang kokoh dan mandiri,” pungkas Teten Masduki.

Menkop di ikut membuka Lampung Begawi 2021 secara simbolis dengan melakukan pemukulan bende oleh Menteri Koperasi & UKM, Gubernur Lampung, Deputi Gubernur BI, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Walikota Bandar Lampung.

Lampung Begawi 2021diselenggarakan secara hybrid dan online dari tanggal 9-12 September 2021, dengan rangkaian acara terdiri dari:

a) Showcasing dan belanja berbasis digital produk 60 UMKM melalui website lampungkreatif.com dan livestreaming

b) Promosi Pariwisata Lampung

c) Pelepasan Ekspor Produk UMKM Coklat Krakakoa ke Singapura

d) Pengukuhan Pengurus Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren (Hebitren) Lampung

e) Peresmian Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD)

f) Fashion show produk wastra Lampung

g) Berbagai Forum Webinar tentang pariwisata Lampung, peran pesantren dalam ekonomi syariah, UMKM Go Ekspor, dan UMKM Go Digital

h) Business Matching

i) Berbagai perlombaan bertema UMKM kreatif, pariwisata dan ekonomi syariah serta

j) Kampanye QRIS dan CBP Rupiah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here