Scroll untuk baca artikel
Lampung

Mudik Lebaran, Waspada Lima Titik Rawan Saat Melintas Jalinsum

×

Mudik Lebaran, Waspada Lima Titik Rawan Saat Melintas Jalinsum

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Lampung – Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad, menyebut ada lima titik rawan tindak pidana di Jalinsum. Lima titik rawan itu ada di Jalinsum wilayah Kabupaten Tulang Bawang, Mesuji, Lampung Timur, Lampung Utara, dan Lampung Selatan.

“Modus yang dilakukan para pelaku kejahatan harus diwaspadai, seperti berpura-pura meminta tolong saat kendaraannya rusak atau modus pohon tumbang,” ujarnya, Kamis (23/5/2019).

Scroll untuk baca artikel

Para pelaku kriminal biasanya akan mengincar kendaraan pribadi, yang memiliki bagasi di atas mobil, atau juga nomor kendaraan yang berasal dari luar Provinsi Lampung. Dia mengimbau agar para pemudik selalu waspada saat mengendarai kendaraannya terutama pada malam hari.

Barang bawaan yang penting, lanjutnya, diharapkan tidak diletakkan di atas mobil. “Kita imbau jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, karena akan memancing pelaku tindak kriminal. Jika terjadi segera laporkan ke pihak kepolisian,” ujarnya.

Pemudik juga, dihimbau waspada ketika melintasi jalur Rajabasa–Panjang, mewaspadai rute Jalinsum Kalianda-Panjang, karena kondisi jalan di Bandar Lampung ini menurun dan menanjak. Panjang masih belum aman dilewati. Para pemudik harus waspada melewati ruas jalan ini, karena kondisi jalan yang tidak mulus.

Jalan yang buruk di Jalinsum Rajabasa–Panjang, diperkirakan karena sering dilintasi kendaraan muatan berat, seperti truk pengangkut batu bara, truk minyak sawit, dan tronton. Ruas jalan nasional ini selalu dilintasi truk dengan muatan yang mencapai di atas 60 ton. Beban muatan inilah yang jauh di atas daya tahan jalan nasional.