Scroll untuk baca artikel
Persona

Teguh Parmbudie, Musisi inspirasi dari Tanggamus

×

Teguh Parmbudie, Musisi inspirasi dari Tanggamus

Sebarkan artikel ini
Teguh Prambudie, Ketua PAMUS

TANGGAMUS – Ketua Paguyuban Musik Tanggamus (PAMUS), Teguh Prambudie adalah sosok inspirasi daerah setempat. Dalam waktu dekat dia segera me-launching album perdana garapannya dengan Raja Koplo New Monata Jawa Timur Cak Sodik dan Penyanyi Pantura papan atas Ratna Antika.

Ayah dari 3 orang anak yang tinggal di wilayah Kecamatan Gisting tersebut sukses bersama PAMUS yang didirikan dua tahun silam tersebut.

Scroll untuk baca artikel

PAMUS sukses mewadahi lebih dari 200 group musik di seluruh Kabupaten Tanggamus. PAMUS mempunyai visi misi yaitu membangun industri musik, melestarikan budaya dan menjunjung tinggi adat.

Berbagai hal positif dilaksanakan PAMUS, salah satunya dibidang sosial bahkan PAMUS pernah mendapat piagam penghargaan kemanusian atas kegiatan donasi galang dana dalam rangka turut berduka musibah bencana di lampung selatan waktu itu dan Apresiasi tersebut datang dari Gubernur Lampung saat itu bersama ATC pusat dan dikategorikan sebagai penyalur sumbangan yang  terbanyak.

Selain itu Prambudie sukses membawa PAMUS untuk melakukan kegiatan positif lainnya seperti mengadakan acara festival solosong se-Kabupaten Tanggamus dan membuat  karya-karya lagu yang di buat bersama para musisi PAMUS Bahkan ia rela merogoh kocek pribadi demi untuk membesarkan PAMUS dan mengangkat nama daerah Tanggamus.

Maka dari itu Teguh akrab disapa, menyadari bahwa dunia musik adalah potensi kekayaan intelektual daerah. Banyak talenta putra-putri daerah yang bila diurus, diarahkan dan dibimbing dengan sungguh-sungguh, maka akan mampu menjadi maskot dan hal yang positif untuk memperkenalkan daerah Tanggamus.

Dan melalui wadah PAMUS, Teguh berharap agar dapat memberi edukasi kepada seluruh insan musik Tanggamus agar terangkat dan martabatnya serta dapat mengekspresikan talenta seninya dengan hal yang positif yang dapat menjauhkan diri dari hal-hal negatif di dunia panggung musik seperti Miras, Narkoba dan sebagainya.

Konsep yang di bangun olehnya melalui PAMUS adalah  menjaga kekompakan, Kebersamaan, saling solidaritas dan empati sesama insan musik di seluruh Tanggamus. Dan satu hal yang selalu di tanamkan adalah bagaimana agar Kabupaten Tanggamus bisa di gaungkan, dikenalkan di seluruh nusantara melalui musik.

Melalui PAMUS Teguh juga tidak pernah patah semangat untuk melakukan terobosan- terobosan agar kiprah PAMUS untuk kemajuan Tanggamus  dapat memberi sumbangsih yang nyata untuk membentuk talenta-talenta putra daerah dengan profile  insan musik yang pada akhirnya akan berdampak baik bagi Ketersediaan lapangan pekerjaan bagi seluruh insan musik serta turut peran aktif dalam membangun Tanggamus.

Rendah hati dan bergaul dengan siapa pun menjadi kebiasaanya. Hal tersebut membuatnya banyak pengalaman dan wawasannya. Tak heran jika ia seorang musisi yang punya jaringan luas dengan musisi-musisi Nasional, hal itu terbukti album karyanya bisa di terima dan di garap bersama musisi-misisi papan atas seperti raja koplo Cak Sodiq New Monata dari Jawa Timur.

“Tujuanya adalah keinginan yang sangat kuat hanya ingin memperkenalkan Tanggamus bumi begawi jejama yang amat saya cintai dan saya sayangi” Tuturnya. Rabu (6/11/19)

Teguh  berkeyakinan bahwa perjuangan dan pengorbanan untuk  PAMUS dan Tanggamus tidak akan pernah sia-sia karena ia yakin betul Bahwa seniman sejati adalah yang selalu ingin terus berkarya tanpa pamrih.

“Jangan kamu bertanya apa yang akan negara berikan kepadamu atas jasa-jasamu, tapi bertanyalah apa yang akan kamu sumbangkan kepada bangsa dan negaramu sebagai putra bangsa Indonesia” Tegasnya.

Maka dari itu teguh tidak pernah bosan bosanya mengajak seluruh insan musik Tanggamus untuk berkarya nyata dan positif mebawa harum nama daerah Tanggamus serta menjauhkan diri dari hal-hal yang negative

Teguh yakin dengan jumlah talenta musik yang ada di Tanggamus yang jumlahnya bisa mencapai ribuan pemusik, kedepan Tanggamus akan bisa maju dan terkenal melalui dunia pariwisata dan karya seninya khususnya di bidang musik.

Pria berpenampilan sahaja cerdas dan karismatik ini selalu mengedepankan  cinta kasih dan saling memiliki solidaritas bagi sesama, hal itu bisa dilihat dari karya karyanya yang selalu mengangkat tentang cerita kehidupan yang nyata.

Teguh berpedoman bahwa karya lagu adalah universal bila dibuat syair lirik yang baik dan musik yang indah enak di dengar, maka lagu tersebut mampu menjadikan inspirasi motivasi serta edukasi bagi para penikmat karya-karyanya.

Saat ini Teguh bersama pengurus Pamus sedang terus berupaya membuatkan KTA dan uniform PAMUS sebagai identitas insan musik PAMUS dan dalam waktu dekat akan mengguncang Tanggamus dengan mendatangkan group Musik Papan Atas Dari Jawa Timur sebagai bentuk  bangkitnya Tanggamus dalam dunia pariwisata dan seniman seniwatinya.

“Kita mohon support dan doanya dan sebagai warga Tanggamaus mari kita dukung niat baik PAMUS untuk Tanggamus”tandasnya.

Teguh Prambudie merupakan sosok inspirasi, ia adalah musisi penulis lagu, pencipta lagu dan komposer, Ia berkiprah di dunia musik tidak bisa dipandang sebelah mata. Teguh Prambudie adalah figur penggagas dan pendiri wadah Paguyuban Musik Tanggamus (PAMUS) yang mempersatukan seluruh insan musik se-Kabupaten Tanggamus dan beliau sebagai ketua umum PAMUS untuk periode 2017-2022.

“Karyamu adalah cermin dirimu dan lirik lagu adalah cerminan penciptanya atau pengarangnya” Pungkasnya (Sumantri)