UPDATE Covid-19 Tanggamus, Bertambah Dua Kasus Baru

101 views
dr. Eka Priyanto

TANGGAMUS – Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus, Lampung, mengupdate data kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 dengan penambahan kasus baru.

“Hari ini kami mengupdate kembali data kinerja kesehatan yang sudah kami himpun, sampai dengan hari ini ada penambahan dua kasus yang terkonfirmasi positif covid-19 yang ada di kabupaten tanggamus, penambahan kasus hari ini merupakan kasus baru” ungkap Eka Priyanto, Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus, Senin (11/10 /2021).

Adapun data kasus hari ini adalah pasien No 2527 berinisial L (57) jenis kelamin laki-laki warga Tangkit Serdang II, Kecamatan Pugung, Tanggamus dan pasien No 2528 berinisial AA (8) jenis kelamin perempuan merupakan warga Dusun Sridadi, Pekon Way Manak Kecamatan Pugung, Tanggamus.

Riwayat pasien 2527 merupakan kasus baru yang ada di Kabupaten Tanggamus, kasus ini merupakan kasus bergejala, Oleh keluarga dilakukan pemeriksaan di RS Surya Asih Pringsewu.

Oleh TIM RS Surya Asih Pringsewu dilakukan Ravid Antigen dengan hasil RDT-Antigen Positif, karena pada kasus ini pasien bergejala, kepada pasien dilakukan isolasi RS Surya Asih Pringsewu untuk mendapatkan penangan medis lebih terkontrol.

Sementara riwayat pasien 2528 merupakan kasus baru yang ada di Kabupaten Tanggamus, kasus ini merupakan kasus kecelakaan lalu lintas, Oleh keluarga dibawa ke RSUDAM, karena standar pelayanan rumah sakit yang mengharuskan setiap pasien yang akan dilakukan rawat inap dilakukan pemeriksaan standar Covid-19.

Sehingga oleh TIM RSUDAM dilakukan serangkaian pemeriksaan termasuk pemeriksaan RT-PCR dengan hasil pasien terkonfirmasi positif Covid-19, kepada pasien dilakukan perawatan di ruang isolasi RSUDAM untuk mendapatkan penangan medis.

Atas kondisi tersebut, maka perkembangan Pemantauan Covid-19 di Kabupaten Tanggamus sampai dengan hari ini, adalah sebagai berikut, suspek
0, probably 0, konfirmasi 2528, selesai isolasi 2383, dirawat 6 dan kematian konfirmasi 139.

Adapun langkah-langkah tindak lanjut yang akan dilakukan yakni Tracking kepada yang pernah kontak erat dengan pasien Covid-19, dilakukan testing kepada yang kontak erat kepada pasien Covid-19,
penguatan intensitas surveilans di masyarakat, dan dilakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan pasien.

Selain itu, juga melakukan edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan dengan 5M yaitu ( memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas)

“Sementara yang sudah selesai isolasi tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk menghindari penularan ulang dari lingkungannya, karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk mengatasi ini semua, pemerintah kabupaten tanggamus membutuhkan kita semua, membutuhkan kesadaran dan disiplin dari masyarakat untuk melaksanakan disiplin protokol kesehatan”ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here